PENGARUH GAME ONLINE BAGI REMAJA



    Game online, kata yang sering digunakan untuk merepresentasikan sebuah permainan digital yang sedang marak di zaman yang modern ini. Game online ini banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari. Walaupun beberapa orang berpikir bahwa game online identik dengan Komputer, game tidak hanya beroperasi di komputer. Game dapat berupa konsol, handled, bahkan game juga ada di telepon genggam. Game online berguna untukrefreshing atau menghilangkan rasa jenuh si pemain baik itu dari kegiatan sehari-hari (kerja, belajar, dan faktor lainnya) maupun sekadar mengisi waktu luang.

Seperti yang kita ketahui bersama, permainan game online merupakan salah satu hobby yang sangat digemari oleh para remaja maupun anak-anak, pelajar tingkat pertama hingga menengah bahkan anak-anak TK bukanlah hal yang asing lagi di zaman sekarang ini. Bisnis warnet yang berada di belakang berkembangannya permainan game online ini menjamur di kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai ke pedesaan. Perkembangan warnet di Indonesia semenjak beberapa tahun terakhir terlihat sangat pesat. Di beberapa warnet umumnya terlihat dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang untuk menghabiskan waktunya bermain game online dan terkadang mereka rela untuk tidak masuk sekolah (bolos ) hanya demi bermain game online.
Apa yang dilakukan pelajar tersebut terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan mereka untuk meyakinkan orang tua nya, entah itu belajar di rumah teman, atau ada acara sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah. Game online untuk saat ini sangat digemari oleh anak maupun remaja, tentunya hal itu mempunyai dampak bagi mereka.
Adapun dampak game online terhadap anak/remaja
Dampak Positif
– Melatih ketelitian, kecermatan, misalnya dalam strategi.
– Bertambahnya ilmu tekhnologi, misalnya bidang komputer.
– Wacana bertambah, misalnya nama-nama senjata, negara, kota, dll.
Dampak Negatif
– Lupa waktu , misalnya lupa belajar, ibadah dan lain-lain
– Boros, uang saku berkurang
– Bermalas-malasan, sehingga terkadang pekerjaan lain ditinggalkan
– Kesehatan mata berkurang

Untuk mencegah seorang anak bermain game online tentu bukan pekerjaan mudah. Fasilitas internet yang banyak tersedia di mana-mana, salah satunya warung internet, menjadikan anak bisa mengakses internet dari mana saja.
Tidak selalu harus bermain di rumah, anak bisa mencuri waktu sepulang  sekolah dengan mengunjungi arena game online atau warung internet yang ada di sekitar sekolah mereka.
Maka darinitu orang tua harus memberikan pengawasan yang lebih kepada anak-anaknya agar mereka tidak kecanduan game online yang bisa menyebabkan mereka lupa/lalai terhadap apa yang seharusnya dikerjakan bahkan game online ini juga sangat berpengaruh bagi prestasi belajar siswa.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJAGA PERGAULAN REMAJA DI ERA MODERN